PROGRAM MATERI AJAR BIMBINGAN KONSELING |
SMPK TIRTAMARTA BPK
PENABUR |
Tahun Pelajaran
2012-2013 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Fokus
Program |
Judul Materi Ajar |
Materi Ajar |
Banyaknya Pertemuan |
Tugas Perkembangan |
Bidang Bimbingan |
Jenis Layanan |
Fungsi Layanan |
Kelas 7 |
Aku dan Sekolahku |
* Kondisi Sekolah Tirtamarta |
4 |
TP 1, 3 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Proses Adaptasi |
|
Sosial |
|
Pencegahan |
Kini Aku Sudah
Remaja |
* Remaja (usia) |
4 |
TP 1 & 2 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Perubahan Fisik |
|
|
|
Pencegahan |
* Perubahan Psikis |
|
|
|
|
* Perubahan Kognitif |
|
|
|
|
Pola Hidup Sehat |
* Makanan Sehat |
3 |
TP 1 & 2 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Olahraga |
|
|
|
Pencegahan |
* Toilet
Training |
|
|
|
|
Manajemen Waktu |
* Menghargai Waktu & Kesempatan |
3 |
TP 1, 5 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Prioritas Kegiatan |
|
Belajar |
Konseling Individu |
Perbaikan |
* Mengatur Jadwal Kegiatan |
|
Karier |
|
Pengembangan |
* Target Nilai |
|
|
|
|
Etika Bergaul |
* Norma dalam Masyarakat (Agama, |
3 |
TP 1, 3, 4, 7 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
Kesusilaan, Kesopanan dan Hukum) |
|
Sosial |
Bimbingan Kelompok |
Pencegahan |
* Menjalin Hubungan Harmonis
Keluarga |
|
|
|
Pengembangan |
* Bergaul dengan Teman Sebaya |
|
|
|
|
Belajar
Berkomunikasi |
* Pengertian Komunikasi |
4 |
TP 1, 3 & 4 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Skema Komunikasi |
|
Sosial |
Bimbingan Kelompok |
Pencegahan |
* Gangguan dalam Komunikasi
(noise) |
|
|
|
Pengembangan |
Membina Persahabatan |
* Pengertian Sahabat |
3 |
TP 1, 2, 3, 7 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Sikap Positif yang
Mendukung |
|
Sosial |
|
Perbaikan |
* Konflik dalam Persahabatan |
|
|
|
Pengembangan |
Peta Pikiran (Mind
Mapp) |
* Cara Membuat Peta Pikiran |
2 |
TP 5 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Proses dan Fungsi Peta
Pikiran |
|
|
|
Pengembangan |
Cita-cita dan Tokoh
Idolaku |
* Memikirkan Cita-cita (Visi) |
3 |
TP 1, 5 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Meneladani Hal Positif
dari Tokoh Idola |
|
|
Karier |
|
Pengembangan |
* Menentukan Langkah
Pencapaian (Misi) |
|
|
|
|
|
Sharing Time |
* Gathering Time with Family & Friends |
1 |
TP 1, 4 & 7 |
Sosial |
Pembelajaran |
Pengembangan |
Sosiometri |
|
1 |
|
Sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas 8 |
Kecerdasan Majemuk |
* Multiple Intelligence |
4 |
TP 1, 2, 5 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Tokoh Kecerdasan |
|
Belajar |
Konseling Individu |
Pengembangan |
Motivasi Berprestasi |
* Motivasi |
2 |
TP 1, 5 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Prestasi |
|
|
|
Pengembangan |
Gaya Belajar |
* Gaya Belajar |
2 |
TP 1, 5 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman Perbaikan
Pengembangan |
Cara & Sikap belajar |
* Cara & Sikap Belajar |
3 |
|
Belajar |
Konseling Individu |
Sikap Asertif |
* Sikap Asertif, Agresif & Submisif |
3 |
TP 1, 4 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Komunikasi Efektif |
* Tipe Komunikasi |
3 |
TP 1, 3 & 4 |
Pribadi |
Pembelajaran |
* Hambatan Berkomunikasi |
|
Sosial |
Bimbingan Kelompok |
* Tips Komunikasi Efektif |
|
|
|
Peran Gender &
Kodrat |
* Pengertian Gender & Kodrat |
3 |
TP 1, 2, 3, 4 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Perbedaan laki-laki &
perempuan secara |
|
Sosial |
Bimbingan Kelompok |
Pencegahan |
kodrat maupun gender |
|
|
|
Pengembangan |
* Menjalankan fungsi
masing-masing |
|
|
|
|
Aku Suka Dia |
* Pengertian tentang Cinta & Pacaran |
4 |
TP 1, 3, 4, 7 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Tahap-tahap hubungan |
|
Sosial |
Konseling Individu |
Pencegahan |
* Suka Duka Pacaran |
|
|
|
Perbaikan |
* Syarat untuk Pacaran |
|
|
|
Pengembangan |
* Bahaya Masa Pacaran |
|
|
|
|
* Seks Bebas & Seks
Pranikah |
|
|
|
|
* Kiat Pacaran sehat |
|
|
|
|
Rokok dan Narkoba |
* Penjelasan tentang Rokok dan Narkoba |
3 |
TP 1, 4, 7 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Cara Kerja Rokok dan Narkoba |
|
Sosial |
Bimbingan Kelompok |
Pencegahan |
* Menangkal Rokok &
Narkoba |
|
|
|
|
Membuat Keputusan |
* Pengertian Keputusan |
2 |
TP 1, 2 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Pentingnya Membuat Keputusan |
|
|
|
Pencegahan |
* Cara Membuat Keputusan |
|
|
|
Pengembangan |
Sharing Time |
* Kondisi Proses Belajar di Rumah & Sekolah |
1 |
TP 1 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pengembangan |
Sosiometri |
|
1 |
|
Sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas 9 |
Tipe Kepribadian |
* Sanguinis, Melankolis, |
5 |
TP 1, 2 & 3 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
Phlegmatis dan Koleris |
|
Sosial |
Konseling Individu |
Pengembangan |
* Campuran 4 Tipe |
|
|
|
|
Fungsi Otak |
* IQ, EQ dan SQ |
3 |
TP 1, 2 & 6 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Otak Kanan & Kiri |
|
Belajar |
|
Pengembangan |
Manajemen Stress |
* Perasaan, Stress dan Stressor |
3 |
TP 1, 2 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Gejala Stress |
|
|
Konseling Individu |
Perbaikan |
* Mengelola Stress |
|
|
|
Pengembangan |
Mengenal Sekolah Lanjutan |
* Macam-macam SMA |
2 |
TP 5 & 6 |
Karier |
Pembelajaran |
Pemahaman |
Persiapan Menuju SMA |
* Kondisi Mental |
1 |
TP 1, 4, 7 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Bullying |
|
Karier |
Konseling Individu |
Pencegahan |
* Tips Beradaptasi |
|
|
|
|
Menghadapi Masalah |
* Sikap Wortel, Telur atau |
3 |
TP 1, 2 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
Biji Kopi |
|
|
|
Perbaikan |
* Karakter & Burung
Rajawali |
|
|
|
Pengembangan |
Komunikasi 4 Tipe
Kepribadian |
* Gaya Komunikasi Kepribadian |
4 |
TP 1, 2, 3 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Meningkatkan Kemampuan |
|
Sosial |
Bimbingan Kelompok |
Perbaikan |
berkomunikasi |
|
|
|
Pengembangan |
* Meningkatkan efektivitas |
|
|
|
|
komunikasi dengan berbagai |
|
|
|
|
kepribadian |
|
|
|
|
Sistem Nilai dan
Etika |
* Pengertian Nilai & Etika |
2 |
TP 1, 2 & 8 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Self
Concept, Esteem, Efficacy |
|
Sosial |
|
Pencegahan |
Confidence |
|
|
|
Pengembangan |
* Mengenal Nilai Negatif diri |
|
|
|
|
Tujuan Hidupku |
* Pengertian Sukses dalam Hidup |
2 |
TP 1, 5, 6 & 7 |
Pribadi |
Pembelajaran |
Pemahaman |
* Kisah Hidup Tokoh didunia |
|
Karier |
|
Pengembangan |
Sharing Alumnie |
* Pengalaman Belajar dan Bekerja |
2 |
TP 5 & 6 |
Karier |
Bimbingan Kelompok |
Pengembangan |
Sosiometri |
|
1 |
|
Sosial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment